Home > Catalog product > Alat anti tekor, regulator DC, kiprok DC, fullwave

 
 
 
 
 
 
 
 

Alat anti tekor, regulator DC, kiprok DC, fullwave



Buat yang uda masang lampu HID, tapi akinya ngedrop mulu kita ada solusi....

Tapi harus pake logika !!! jangan dengar sana sini yang "katanya" dll hehehe

1 buah HID 35 watt membutuhkan supply listrik konstan +- 3,5 Amper pada saat sudah stabil kira2 sudah berjalan 2-3 menit, tetapi kalo pada saat baru nyala yang bisa disebut tarikan awal sekitar 7-8 Amper. tegangan kerja sebuah balast adalah 12 volt DC.


JIka kita punya power supply adjustable ( power supply yang bisa diatur tegangan outputnya dan arus outputnya ) dan digunakan untuk menyalakan sebuah balast HID.. pada saat HID sudah nyala kita mainkan tegangan outputnya  diantara 9 volt-18 volt balast HID masi bisa nyala.... tetapi kalau kita mainkan arus output dikecilkan 0,5 - 1 amper. si balast langsung mati. jadi kesimpulannya. ARUS lebih dihormati dinadingkan TEGANGAN.

banyak orang salah kaprah soal pengisian ke aki diukur tegangan nya...memang betul bisa. tetapi kurang menggambarkan keadaan sebenarnya. Saya selalu untuk mengukur pengisian ke aki selalu berpatokan pada arus pengisian. 


contoh aki yamaha mio 12Volt 5AH. kapasitas 5AH artinya bisa dipakai 5 jam konsumsi arusnya 1 Amper atau aki bisa bertahan 1 jam untuk pemakaian arus 5 Amper.   

kondisi aki sendiri dipengaruhi oleh kualitas dari aki ( timbal dan cairannya/gel untuk aki kering). seiring dengan waktu pemakaian contoh diatas aki yamaha mio 12volt 5AH kapasitas pasti akan menurun dulunya bisa dipakai 5 jam konsumsi arusnya 1 Amper sekarang cuma bisa 4jam...dst

saran klo beli aki basah beli yang belom terisi air aki dan segel aki masi vakum / kedap udara. dan klo bisa beli aki kering yang diaktifkan pada saat ingin kita pakai (belum terisi air) klo beli aki kering ditempat yang kurang begitu laku tentu aki yang dibeli kurang fresh karena lama diam ditoko sebaiknya seblum beli liat kode produksi jangan produk tahun kemaren.

jadi supaya HID ga tekor perhatikan dulu komponen aki. Aki sebagai penampung arus listrik. regulator ato kiprok sebagai alat pengisiannya.. aki itu di ibaratkan sebuah ember. pompa air sebagai regulator / kiprok. klo kapasitas ember kecil artinya tampungan sedikit nanti pada saat butuh persedian cadangannya pun sedikit 

dengan pemasangan regulator pengisian arus ke aki menjadi lebih besar..ini dibutuhkan karena HID membutuhkan listrik 3,5A konstan... dan aki sebagai penampung arus listrik yang berlebih yang tidak digunakan...atau untuk cadangan, jadi intinya pengantian kiprok / regulator menjadi lebih besar sebaiknya harus diiringi dengan menaikan kapasitas aki


Submenu

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
www.Juragan-lampu.com